4 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan Selama Berlibur di Sabang (2024)

Trip

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lihat foto

Kota Sabang merupakan bagian dari provinsi Aceh yang terletak di Pulau Weh, bagian paling barat dari Indonesia. Sabang berjarak 400 kilometer dari phu*ket (Thailand), 800 kilometer dari Kuala Lumpur (Malaysia), dan 1,100 kilometer dari Negara Singapura. Sabang bisa dicapai hanya dalam waktu 30 menit dari kota Banda Aceh dengan menggunakan kapal feri.

Dan baru-baru ini, pemerintah Aceh bekerjasama dengan salah satu maskapai Indonesia, telah berhasil membuka jalur penerbangan Banda Aceh-Sabang dan sebaliknya. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk transportasi udara ini hanya berkisar 15 menit saja.

Adapun jadwal penerbangannya adalah sebanyak dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa dan Kamis. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, dengan harga Rp220,430 untuk rute Banda Aceh-Sabang. Sedangkan untuk rute sebaliknya Sabang-Banda Aceh harga tiketnya adalah sebesar Rp132,670.

Lalu apa saja hal yang bisa kamu lakukan saat berlibur di Sabang? Pada artikel ini penulis akan mengurai 5 aktivitas menarik selama berada di Sabang.

#1 Snorkeling di Pulau Rubiah

Di Pulau Rubiah, kamu bisa menghabiskan waktu sepanjang hari dengan melakukan snorkeling. Tidak hanya itu, di pulau ini juga terdapat banyak laut dengan air biru yang sangat jernih. Jadi kamu bisa berenang dan menyelam untuk melihat lebih dekat berbagai jenis ikan yang ada di sana.

Pulau ini juga memiliki sejarah yang masih membekas di ingatan masyarakat Aceh. Bagaimana tidak, Rubiah dulunya dijadikan sebagai tempat karantina para jamaah haji saat masa Hindia Belanda. Selain itu, juga ada Pulau Onrust , Kepulauan Seribu yang juga menjadi tempat karantina jamaah haji Indonesia. Dengan adanya pembagian ini, Rubiah menampung jamaah haji dari Sumatera. Sedangkan Onrust menampung jamaah haji yang berasal dari pulau Jawa.

#2 Mengunjungi Gua Sarang

Banyak hal spesial yang bisa kamu dapatkan di Pulau Weh, bahkan bisa membuat kamu takjub selama berada di sini. Salah satunya adalah Gua Sarang, gua yang terbentuk dari batu dengan view yang menarik. Akan tetapi, kamu harus menuruni jalan untuk mencapai Gua Sarang. Karena ia berada di bagian bawah permukaan, dan tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Bagi kamu yang suka petualangan, menuruni tempat ini untuk melihat gua ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Dan jerih payah kamu akan terbayarkan saat berada di bawah untuk melihat gua secara jelas.

#3 Menikmati Kuliner Khas Aceh

Banyak sekali pilihan restoran yang bisa kamu jumpai di Pulau Weh. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa wisatawan kembali lagi kesini untuk berlibur. Kamu akan disuguhkan dengan makanan laut atau seafood yang sangat segar dan tentunya akan menggugah selera. Sebagai informasi, letak lokasi restoran yang bisa kamu kunjungi berada di dekat pelabuhan Pantai Iboih.

Di samping itu, kehidupan malam di sini juga akan terasa spesial karena banyak banyak pilihan kuliner yang bisa kamu jumpai. Salah satu cemilan yang memorable di Sabang adalah roti bakarnya. Apalagi jika makanan ini dicicipi bersama dengan minuman fenomenal di Aceh, yaitu Kopi Sanger.

#4 Mengunjungi Tugu Nol Kilometer

Tugu nol kilometer adalah monumen yang menandakan bahwa wilayah Indonesia dihitung mulai dari titik ini. Tempat ini adalah salah satu destinasi favorit bagi wisatawan dari luar negeri. Sedikit tips bagi kamu yang berasal dari luar Indonesia, jika ingin berlibur kesini harus melengkapi dokumen penting seperti SIM. Akan tetapi tidak semua SIM diakui secara legal di Indonesia. Makanya kamu harus mempersiapkannya terlebih dahulu di negara tempat kamu berasal sebelum berkunjung ke Indonesia. Kabar baiknya, sekarang ada layanan dari International Drivers License yang bisa kamu gunakan untuk membuat SIM secara resmi dan bisa digunakan selama berada di Indonesia, termasuk Sabang.

HALAMAN :

  1. 1
  2. 2

LIHAT SEMUA

Mohon tunggu...


Lihat Trip Selengkapnya

Beri Komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

` } }) document.querySelector('.video-box-thumb').innerHTML = html_video_rec_thumb; } } } let description = document.querySelector('meta[name="description"]').content let keywords = document.querySelector('meta[name="content_tags"]').content let title = document.getElementsByTagName("title")[0].textContent; let data = { "title": title, "description": description, "keywords": keywords, "page_id": "664961c3de948f231a6e1f22", "current_url": "https://www.kompasiana.com/saidr123/664961c3de948f231a6e1f22/4-hal-menarik-yang-bisa-kamu-lakukan-selama-berlibur-di-sabang", } let data_kgnow_token = { "url": "https://apis.kompas.com/api/widget/video", "Authorization": "Bearer eyJpdiI6ImhyUXB1T0dKZnJabExYbzk5SlNTMkE9PSIsInZhbHVlIjoieUZ1NlVvVDUxOHRNQ2Z2bTE2ejBoZz09IiwibWFjIjoiYWZiYzQzNTk1NTFmODMxY2IyZTBmY2E4ODYyNWQ0YjU5N2VkOTgzNmVlNjU5ZmQ4MmI1YWJmZjU2Nzg4NGVhOSJ9", } rvJixie.open("POST", "https://apis.kompas.com/api/widget/video", true); rvJixie.setRequestHeader('Authorization', data_kgnow_token.Authorization); rvJixie.setRequestHeader('Content-Type', 'application/json'); rvJixie.send(JSON.stringify(data)); } getVideo(); function dateFormatJixie(value) { const monthText = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember']; if (value) { const dateJixie = new Date(value); return dateJixie.getDate() + ' ' + monthText[dateJixie.getMonth()] + ' ' + dateJixie.getFullYear(); } else { return ""; } } function timeFormatJixie(value) { if (value) { const timeJixie = value.split(':'); if (timeJixie[0] == '00') { return timeJixie[1] + ':' + timeJixie[2]; } else { return value; } } else { return ""; } } function timeSince (value) { console.log("sini",value) if (typeof value !== 'object') { date = new Date(value); } var seconds = Math.floor((new Date() - date) / 1000); var intervalType; var interval = Math.floor(seconds / 31536000); if (interval >= 1) { intervalType = 'tahun yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 2592000); if (interval >= 1) { intervalType = 'bulan yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 86400); if (interval >= 1) { intervalType = 'hari yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 3600); if (interval >= 1) { intervalType = "jam yang lalu"; } else { interval = Math.floor(seconds / 60); if (interval >= 1) { intervalType = "menit yang lalu"; } else { interval = seconds; intervalType = "detik yang lalu"; } } } } } return interval + ' ' + intervalType; }

4 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan Selama Berlibur di Sabang (2024)

References

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Ms. Lucile Johns

Last Updated:

Views: 5267

Rating: 4 / 5 (61 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Ms. Lucile Johns

Birthday: 1999-11-16

Address: Suite 237 56046 Walsh Coves, West Enid, VT 46557

Phone: +59115435987187

Job: Education Supervisor

Hobby: Genealogy, Stone skipping, Skydiving, Nordic skating, Couponing, Coloring, Gardening

Introduction: My name is Ms. Lucile Johns, I am a successful, friendly, friendly, homely, adventurous, handsome, delightful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.